Pages

Subscribe:

Senin, 24 Desember 2012

AS Jual Dua Kapal Perangnya ke Irak

AS Jual Dua Kapal Perangnya ke Irak
  Amerika Serikat (AS) menjual dua kapal perang miliknya kepada Irak. Penjualan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan maritim yang dimiliki oleh Irak.

Kapal dengan panjang mencapai 60 meter itu diberikan oleh Angkatan Laut AS pada 20 Desember lalu. "Kapal perang yang diberikan adalah kapal multi fungsi yang dapat melakukan berbagai operasi yang dijalankan angkatan laut Irak," sebut Kedutaan AS di Irak, seperti dikutip AFP, Senin (24/12/2012)

Kapal tersebut akan digunakan oleh militer Irak untuk melakukan patroli menjaga proyek eksplorasi migas yang terdapat di wilayah lepas pantai Irak.

AS merupakan penyedia persenjataan utama bagi Irak. Negara Arab tersebut terus membangun kembali kekuatan militernya setelah sempat hancur saat diinvasi oleh AS pada 2003 lalu. Pihak Irak menargetkan pada tahun 2020 nanti militer Irak telah dapat berfungsi penuh.

Pemerintah Irak menyatakan, saat ini militernya belum memiliki kekuatan yang cukup untuk menjaga wilayah Irak. Sebelumnya fungsi pertahanan di negara tersebut dilakukan oleh pasukan AS yang ada di sana. Namun sejak Desember tahun lalu pasukan AS di Irak telah ditarik mundur.

Pembelian dua kapal perang itu sendiri memiliki nilai sebesar USD115,5 juta atau setara dengan Rp1,1 triliun (Rp9.618 per USD). Nilai tersebut termasuk dengan persediaan suku cadang dan juga pelatihan untuk petugas Irak.

0 Komentar:

SIlahkan Berkomentar dan Mematuhi Aturan-aturan Disini
* Silahkan Anda Komentar Sesuai Artikel Di Atas

* Gunakan Bahasa Yg Sopan, Baik, dan Tertib

* Jangan Menebar SPAM, FLOOD, FLAMING

* Hindari Dari Duplikat Komentar

* Dilarang memakai Kata-kata Kotor, Kasar